Keripik Ceker Presto

Siapa yang nggak kenal kaki ayam, bisa jadi dari kita pernah memperebutkan ceker ayam waktu mengunjungi hajatan dirumah tetangga ketika pembagian ingkung ayam hehehe. Kaki ayam ternyata bukan cuma maknyuss saat dimasak untuk soto, sop, ceker pedas, seblak / olahan kuah lainnya namun cakar ayam juga amat enak ketika kita memasaknya jadi krupuk cakar, iya betul anda ngk salah baca adalah kripik ceker ayam. Krupuk cakar sudah lama tenar oleh sebagian besar orang terutama di pulau Jawa tapi ketika ini sudah tenar umum di wilayah indonesia. Rasanya nan unik, sedap & khas serta kaya akan manfaat menciptakan keripik cakar mjd camilan nan sesuai buat siapa saja, sebaiknya umpamanya keripik paru nang telah memiliki pecandu spesial dari puluhan thn nan lalu yg amat setia, serupa itu juga krupuk cakar ini jua terdapat peminat tertentu juga. Untuk buat kerupuk kaki ayam ini mudah sulit, apabila anda baru memulainya bisa jadi hasilnya akan beda beda, sepertinya keripik kaki ayamnya hancur, keripik kaki ayamnya tdk besar semasa digoreng, kerupuk cakar jadi keras, kerupuk ceker gampang hangus saat digoreng dll, tetapi nggak mengapa ya kita bisa coba lagi, sampai-sampai lagi sekiranya kamu bikin kerupuk kaki ayam untuk dijual lagi, jadi kekhasan harus maknyus. Lalu, ini merupakan sebanyak teknik utk bikin kerupuk kaki ayam nan bisa kamu contoh guna dibuat dirumah. [title]

jual keripik ceker,jual keripik ceker ayam,jual keripik ceker ayam home industri,jual keripik ceker bali,jual keripik ceker bandung[/caption]

1. Usaha Membuat Keripik Kaki Ayam Renyah Dan Gurih

Bahan-bahan :

  • satu kilo gram kaki ayam / cakar
  • 5 siung bawang putih
  • dua siung bawang merah
  • Garam semaunya
  • Penyedap rasa seperlunya
  • Minyak goreng seperlunya
  • Air disesuaikan saja

Langkah langkah Pengolahan Krupuk Cakarnya

Pertama : bersihkan ceker ayam dari kulit arinya, potong pula semua kukunya & sesudah itu cuci sampai dengan betul-betul bersih. Haluskan bahan-bahan bumbu sebagai berikut bawang putih, bawang merah, kasih penyedap rasa dan garam lebih jauh larutkan dengan air & aduk-aduk hingga tercampur semua.

Cakar yg telah cuci bersih semual campurkan ke dalam bumbu yang sudah di dilembutkan, campur-campur sedikit demi sedikit agar bumbunya meresap merata / rendam cakar ke dalam bumbu dan tunggu kira-kira seperempat jam.

dan masak kaki ayam hingga lembek & matang kurang lebih 1/3 jam, lantas angkat dan tiriskan, tempatkan ceker pada wadah datar sebagaimana talam, tunggu sebentar sampai ceker agak dingin, lebih jauh belah pada bagian telapak kakinya untuk memisahkan daging dari tulangnya.

Sesudah itu keringkan kaki ayam hingga betul-betul garing dengan menjemurnya di bawah panas sinar matahari. Misalnya telah garing, panaskan minyak goreng kemudian goreng ceker sampai matang. Tiriskan ceker dan kerupuk kaki ayam ready utk di camil atau dapat simpan ke dalam wadah toples dll.

Tips membuat kerupuk kaki ayam :

1. Misalnya anda menginginkan tekstur cakar nan kita buat tetap kenyal, prestolah terlebih dahulu. Bab itu juga membuat ceker itu lunak serta gampang utk diolah.
2. Nan paling wajib adalah utk menyirnakan aroma amis & lendir dari cakar, selayaknya anda rendam melalui kapur sirih selama kira kira sepuluh menitan.

2. Teknik Mengolah Krupuk Kaki Ayam Sederhana

Bahan Bahan:

  • 1/4 kg ceker
  • Uyah secukupnya
  • tiga siung bawang putih digeprek
  • Air semaunya
  • Minyak goreng semaunya

 

Tahap-tahap Pembuatan Kerupuk Cakarnya :

Cuci sampai bersih kaki ayam berikut rebus bersama uyah, bawang putih sampai lembut. Sesudah lembut angkat & tiriskan berikut pisahkan tulang-tulangnya, sesudah itu jemur dipanas matahari hingga kering.

Selesai kering terus goreng sampai dengan garing serta mateng. [title]

3. Usaha Membuat Keripik kaki ayam Basah dengan Tepung

Bahan2nya:

  • setengah kilogram ceker berukuran besar (10 biji)
  • lima sendok makan tepung beras
  • dua sendok makan tepung kanji
  • 1 bh telur ayam
  • 3 siung bawang putih
  • satu bh kemiri
  • seprapat sendok teh ketumbar halus
  • 3 lbr daun jeruk hilangkan tulangnya dan dipotong halus
  • Garam secukupnya, penyedap rasa dan royco

Tahap2 Pembuatan Keripik Cekernya :

Potong kuku cakar ayam dan bersihkan, terus merendam dengan air kapur sirih selama 10 menit utk mengeliminasi aroma amis pada cakarnya, sesudah itu rebus 7 menit lalu angkat & tiriskan.

Lebih jauh rendam dalam air es & masukan dalam kulkas biarkan selama kira-kira tiga jam atau bagusnya bisa semalaman.

Setelah direndam, kaki ayam jadi membesar namun permukaannya tak lembek jadi mudah ketika mengeluarkan tulangnya, pisahkan tulang cakar dengan memakai lading atau gunting, kelupas kulitnya serta buang tulangnya, lakukan hingga habis.

Lantas Kita membikin adonan keripiknya, tambahkan dengan tepung beras, tepung kanji, telur, bumbu halus & daun jeruk serta air campur sampai dengan rata.

Masukan kaki ayam ke adonan serta goreng hingga kuning, lalu naikkan, diamkan 1/2 jam terus goreng sekali lagi biar renyah Kresss dan kering istimewa, taraaaa krupuk cakar beres buat dicamil, rasanya….. sedap bikin nagih tdk cukup cukup…. pokoknya.

4. Cara Mengolah Kripik Kaki Ayam Tepung

Asalnya dari penasaran dengan krupuk cakar ayam, lantaran harganya nan agak menguras kantong akhirnya mencoba memasak sendiri dan produknya membahagiakan, setelah mateng, lantas dimakan sama anggota keluarga kesudahannya dalam sejenak langsung habis.

Bahan Utama:

  • 500 gr ceker ayam pisahkan dari tulangnya, belah menjadi 4
  • 1 sdt penyedap
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sdt soda kue
  • seratus lima puluh gr tepung beras
  • 50 gram tepung terigu

Langkah langkah Pengolahan Kripik Cakarnya :

Bilas ceker tanpa tulang hingga benar benar bersih, campuri dengan penyedap, sejumput garam & sejumput soda kue, campurkan hingga merata tunggu hingga kurang lebih 30 menit.

Persiapkan wadah berlanjut campur tepung terigu, tepung beras, uyah & soda kue, campur hingga rata. Masukkan ceker & aduk sampai cakar ayam tertutup tepung dan biarkan kurang lebih 15 menit.

Siapkan minyak panas berlanjut goreng ceker sampai dengan garing, angkat & tiriskan kemudian goreng lagi sampai dengan betul-betul kering, naikkan berlanjut tiriskan dan bila dingin tempatkan kedalam toples kedap udara.

5. Cara Membikin Krupuk Ceker Ayam Yg Renyah Tanpa Tepung

Waktu ini saya mencoba bikin keripik cakar sendiri. Modal pencarian di You Tube, buat teknik mengeluarkan kulit cakar dari tulangnya. Dan Ternyata, cukup susah. Kelihatannya gara-gara aku ga ditaruh lama yaa cakarnya di lemari es. Jadi hanya direndam di air es saja, usai cakar dikukus. Akan tetapi tidak menyesal sih, mencoba bikin keripik ceker ayam ini. Lantaran asli enak. Bumbunya jua hanya dua macam loh. Seterusnya, ini caranya yaa

Bahan Bahan:

  • setengah kg cakar ayam, pisahkan kulit dan kuku. Cuci bersih
  • satu sachet penyedap rasa sapi
  • 1/2 sdt lada bubuk

Tahap demi tahap Pengolahan Keripik Cekernya :

Usai cakar dibersihkan, baluri dengan air jeruk nipis. Tunggu beberapa saat. Usai itu bilas hingga bersih berikut Tiriskan.

Pada panci, masak air secukupnya untuk memasak ceker. Masak air Sampai dengan berbuih-buih lalu masukkan cakar. Olah kira kira sepuluh menit saja. Misalnya sudah, langsung tiriskan cakar ayam. Dan masukkan ke dalam baskom isi air yg campurkan es batu, diamkan cakar ayam terlebih dahulu sampai kira kira 1 jam.

Sekiranya sudah, angkat satu cakar ayam, kupas cakar ayam dengan menggunakan gunting lantas pisahkan dari tulangnya. Bg tulang2 jarinya, sebab sudah dibuang, jadi aku biarkan saja, nggak sy buang, tapi aku kupas saja.

Bumbui ceker ayam dengan penyedap rasa & lada. aduk2 sampai rata.

Pada wajan anti lengket, tuangkan minyak semaunya untuk menggoreng sesudah itu nyalakan kompor utk Panaskan minyak. Apinya kecil aja yaa, karena cakar ayamnya akan menyalak-nyalak. Masukkan cakar ayam selepas itu tutup wajan agar minyak nggak menyembur keluar wajan.

Tunggu sampai dengan bunyi letupannya berkurang, berikut sekiranya sudah, baru aduk2 cakarnya. Kalau minyak sudah tak ada busanya ciri krupuk cakar ayam telah garing. Angkat serta tiriskan krupuk cakar ayam. Dinginkan krupuk cakar ayam, simpantaruh ke dalam wadah nang kedap udara. [title]

Untuk Pemesanan Keripik Ceker Silakan Ke Whatsapp : 087883014334 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *